Produk Bahan Bakar Wood Pellet ( Energy) Terbarukan

Wood pellet ( energy) merupakan hasil pengolahan limbah kayu menjadi serbuk yang dipadatkan sehingga bentuknya menjadi silindris dengan diameter yang bervariasi. Pelet kayu ini semakin banyak digunakan oleh negara dengan 4 musim seperti Eropa dan Amerika. Negara-negara tersebut lebih menggunakan pelet kayu sebagai sumber energi memanaskan ruangan ketika musim dingin, sebagai energi penghasil listrik maupun sebagai sumber energi untuk kebutuhan rumah tangga lainnya. Sedang di Indonesia sendiri, penggunaan pelet kayu lebih kepada kebutuhan rumah tangga, pabrik pengolahan makanan dan sejenisnya.

Wood pellet
Karakteristik Produk Pelet Kayu
Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa karakteristik produk bahan bakar dari wood pellet yang perlu Anda ketahui.
• Pelet batang
Pertama pelet batang dengan bahan dasar batang jagung, jerami padi, jerami gandum, kulit kacang tanah, tongkol jagung, ranting kapas, gulma, batang kedelai, ranting dedaunan, serbuk gergaji dan berbagai limbah tanaman lainnya. Dalam pembuatan pelet batang, semua bahan tersebut akan diremukkan, ditekan dan dicetak menjadi bentuk pelet dengan pemberian tekanan antara dies dan roller bahan material. Densitas bahan semakin meningkat saat sudah menjadi pelet sehingga sangat mudah disimpan, ditransport dan memiliki kinerja bahan bakar yang sangat baik. Wood pellet jenis ini cukup banyak digunakan karena harganya memang lebih terjangkau.
• Pelet serbuk gergaji
Berikut ada pelet dari serbuk gergaji yang diproduksi menggunakan serbuk gergaji. Bahan ini bisa dibeli, dikumpulkan, kemudian dikeringkan, diremukkan menjadi pelet dan dikemas. Perlu Anda ketahui, kandungan serbuk gergaji dalam produk wood pellet ( energy) jenis ini cukup banyak sekitaran 45 persen dengan nilai kalori mencapai 4.500 kKal. Apapun pilihan karakteristik pelet yang Anda inginkan, kini semakin mudah karena ada banyak produsen pelet kayu yang menawarkan produk berkualitas sesuai kebutuhan Anda.
• Pelet bagas
Prosedur membuat pelet jenis ini cukup mudah. Pertama, Anda bisa membeli bahan mentah, melakukan pengeringan, peletisasi dan pengepakan. Perlu diketahui, kualitas pelet jenis ini sangat tergantung periode penanamannya. Pelet bagas memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1.825 kKal. Pada jenis bagas mentah yang dipanaskan menggunakan gas buang dari cerobong ketel, biasanya kadar air ampas akan turun 40 persen dengan nilai kalori sekitar 2305 kKal. Kabar baiknya, pelet jenis ini termasuk bionergi terbarukan.
Produsen Wood Pellet Berkualitas
Mudah membaca, namun tentu saja cukup ribet jika Anda memilih membuatnya sendiri. Namun tidak perlu khawatir, dewasa ini ada banyak produsen pelet kayu yang menawarkan layanan pembuatan dan pemesanan pelet kayu untuk Anda yang membutuhkan. Salah satu produsen terbaik dan paling recommended ialah Tradeofindonesia. Tradeofindonesia merupakan sebuah produsen wood pellet yang berasal dari Indonesia.
Produsen unggulan ini telah memproduksi pelet kayu dari berbagai varian bahan baku pilihan, sebut saja kayu karet, kayu jati, kayu mahoni dan kayu calianda yang terbukti kualitasnya. Apapun tujuan penggunaan wood pellet ( energy) yang Anda inginkan, kini semakin mudah karena Anda tinggal memesan dan mendiskusikannya dengan Tradeofindonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *