Mencegah Virus Pakai Masker, Pilih Yang Sekali Pakai Atau Bahan Kain?

Bahkan penggunakan bahan ini sebagai shoping bag sudah sangat preferred dikarenakan penggunaan plastik sudah mulai dibatasi. Spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakan kain non woven yang pada umumnya memiliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Semakin besar ketebalan yang ada, maka kain ini semakin tebal dan kuat. Pemilihan kain ini didasarkan pada sifatnya yang ramah lingkungan karena bahan ini bisa untuk didaur ulang.

  • Anda dapat membeli masker kain dengan kisaran harga mulai dari Rp 10.000.
  • Untuk masker kain dengan kualitas kain yang terbaik word play here ditawarkan dengan harga puluhan ribu.
  • Sebelum pandemi, masker sekali pakai atau masker medis bisa Anda dapatkan di kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp 30.000 saja untuk kemasan isi 50 pcs.
  • Walaupun oknum-oknum yang menimbun masker sekali pakai sudah terkena batunya, tetap saja harga dari masker sekali pakai selama masa pandemi cukup menguras kantong.
  • Untuk membuat masker kain sendiri, tentunya Anda membutuhkan kemampuan dasar dalam menjahit beserta perlengkapan menjahit.
  • Bahkan, Anda juga bisa menambahkan aksen bordir atau memilih kain dengan pola yang sesuai dengan keinginan.

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN berkoordinasi dan melakukan kunjungan ke PT Kimia Farma untuk meninjau ketersediaan alat-alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Aparat kepolisian dan Pemerintah Daerah lantas melakukan sidak ke pasaran dan tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi penimbunan masker. Akan tetapi, langkah tersebut rupanya tidak membawa perubahan berarti terhadap harga masker dan hand sanitizer di pasaran. Para distributor maupun pedagang tetap saja menjualnya dengan harga yang fantastis.

Oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan keadaan tersebut untuk mengeruk keuntungan dengan cara menimbun dan menjual masker dengan harga tinggi. Pemerintah pusat word play here kembali turun tangan, yang mana Presiden Jokowi kemudian memerintahkan Kapolri menindak tegas oknum-oknum yang dimaksud. spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakain kain non woven yang pada umumnya memliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Pemilihan kain ini didasarkan pada sifatnya yang ramah lingkungan karena bahan ini bisa untuk di daur ulang.

Ramalan Jadi Kenyataan, Limbah Masker Bikin Pusing Industri Daur Ulang.

” Prihatin, saat ini masker harganya melambung tinggi dan sulit untuk mendapatkannya,” ujarnya saat ditemui di kantor pemasaran di Desa Puri, Kecamatan Puri, Mojokerto, Kamis kemarin (26/03/2020). Kelompok Dr. Wang juga menemukan bahwa ketika kain umum tertentu digunakan, dua lapisan menawarkan perlindungan yang jauh lebih sedikit daripada empat lapisan. Yang Wang, asisten profesor teknik lingkungan di Missouri University of Scientific Research and Technology, bekerja dengan mahasiswa pascasarjana untuk mempelajari berbagai kombinasi bahan berlapis, termasuk filter udara dan kain.

Para peneliti mengatakan penting untuk mengingat bahwa studi laboratorium dilakukan dalam kondisi sempurna tanpa kebocoran atau celah di masker, tetapi metode pengujian memberi kita cara untuk membandingkan bahan. Masker ini disebutkan dapat melindungi dari kuman yang masuk, tergantung pada kesesuaian dan kualitas bahan yang digunakan. Para ilmuwan di seluruh negeri telah mengambil sendiri untuk mengidentifikasi bahan sehari-hari yang lebih baik untuk menyaring partikel mikroskopis. Sangat memalukan memang, dengan kekayaan alam yang memadai dan Sumberdaya manusia yang cukup mumpuni, Indonesia seharusnya tidak perlu mengimpor bahan baku sekelas masker.

Bahkan penggunaan bahan ini sebagai buying bag sudah sangat populer dikarenakan penggunaan plastik sudah mulai dibatasi. Di samping itu, ingatlah bahwa pembatasan fisik dan mencuci tangan merupakan hal paling penting harus kita terapkan, demi mencegah penularan virus kain spunbond untuk masker corona.

Indonesia maju yang digembor-gemborkan oleh pemerintahan Jokowi-Ma’ ruf bisa jadi hanya buaian mimpi belaka jika Indonesia bisa ditaklukkan hanya dengan kelangkaan masker. Dari sinilah kemudian terbongkar sebuah fakta mengejutkan bahwa negara sekaya dan sebesar Indonesia ternyata tidak mampu menyediakan bahan baku barang sekelas masker, bahkan untuk kebutuhan dalam negeri.

Diketahui, selama ini bahan baku tersebut didatangkan dari negara asal Infection Corona, yakni Tiongkok atau Cina. Ketika negara pemasok utama bahan baku masker itu lumpuh, Indonesia yang sudah ketergantungan akhirnya kelabakan mencari sumber lainnya. Untuk mengatasi kelangkaan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat-alat kesehatan, pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN mau tidak mau harus menemukan jalan keluarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *